Meski terlihat remeh, ternyata keahlian ini cukup penting
untuk kita kuasai bagi kita VESPA mania. Bagaimanapun juga tidak selamanya kita
mesti selalu bergantung pada bengkel atau ahli vespa. Setidaknya itu sangat
berguna buat bekal kita di perjalanan jika sewaktu-waktu kita mengalami kawat
kopling putus di jalan. Iya kalau putusnya pas deket bengkel vespa atau pas
lagi ketemu orang yang ahli vespa, jika tidak? Hayo gimana? Kebayang kan gimana
rasanya! Udah putus di jalan, gak ada bengkel, gak ada orang yang bisa betulin,
plus malem-malem lagi. Gimana coba?
Nah sobat VESPA mania, bisa ngebayangin kan gimana rasanya jika itu terjadi
pada kita. Makanya sob, kata pepatah tuh ‘sedia hujan sebelum payung’ eh sorry
kebalik, sedia payung sebelum hujan. Jadi ente kalau punya vespa sebaiknya
tuh ente kudu bisa utak-atik vespa meski sedikit. Misalnya mengganti kawat
kopling, kawat persneling dan yang ringan-ringan lainnya. Seperti mengganti
kabel gas, kawat rem dan yang lain. Oke mas bro!
Gimana sih caranya memasang kawat kopling vespa
Oke sobat VESPA mania setanah air, langsung aja kita mulai pembahasan kali ini tentang gimana caranya memasang kawat
kopling vespa. Monggo di simak mas bro..
Pertama yang mesti kita lakukan adalah siapin peralatan. Apa
saja mas bro? Tang(biasa & potong), obeng(blimbing & min), kunci pas 8
dan oli.
Kunci yang di siapin |
Kalau alat udah siap, lepasin kawat koplingnya dulu. Ya
iyalah mas bro..! Lah kalau gak di lepasin dulu gimana masangnya coba? Kalau
lom tau caranya nglepas kawat kopling vespa, monggo baca cara melepas kawat kopling vespa. Setelah kawat kopling yang putus itu kita
lepas, kita masukin kawat kopling yang baru. Di masukin kemana? Ya ke rumah
kawat kopling lah. Masak dimasukin ke tas? Kalau gak punya kawat kopling baru, ya sana beli dulu! Hehehe.. bercanda mas
bro.
Cara masukinnya dari atas ke bawah, jangan ke balik yach! Ketika
masukin jangan lupa kasih oli ya, jangan stempet. Tau kenapa? Karena dari
pengalaman ane, stempet itu kalau semakin lama jadi kering dan itu membuat
kawat kopling jadi seret. Akibatnya kopling jadi berat dan keras. Sehingga
tangan cepat capek, apalagi kalau pas lagi jalan macet, hadeeeh tersiksa. Dan juga
kalau udah gitu, kawat kopling jadi gampang rantas yang akhirnya terus putus.
Setelah kawat kopling yang baru di masukin ke tempatnya, langkah selanjutnya
pasang handel kopling. Kalau lom tau caranya juga, monggo baca cara mengganti handle kopling vespa. Setelah handel kopling
terpasang, ganti menata kawat kopling yang bagian bawah.
Kawat kopling bagian bawah |
Caranya, kawat kopling di masukin ke lubang tempat kopling. Terus
pasang nepel bautnya dan setel kopling sampai di rasa udah pas. Untuk cara menyetel kopling yang pas, bisa baca artikel ane
selanjutnya, oke mas bro.
Untuk kali ini cukup sampai disini artikel ane
tentang cara memasang kawat kopling vespa. Terimakasih telah mampir di
blog ane yang sederhana ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa
membantu
sobat VESPA mania yang ingin belajar mengutak-atik vespa. Bagi yang
ingin
menambahi, monggo koment mas bro. Atau mungkin ingin sharing monggo
hubungi ane
di menu contact.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar